Minggu, 09 Oktober 2011

Ingat Mati Cara Ampuh Menuju Kesuksesan


Waktu terus berjalan begitu cepat. Tanpa disadari kini sudah akan berganti tahun baru lagi. Praktis usia kita bertambah satu tahun. Ini berarti jatah usia kita telah berkurang satu tahun. Kita tidak tahu masih berapa tahun lagi, masih diberi kesempatan hidup. Namun yang perlu diketahui sadar atau tidak sadar kita sedang berlari menuju titik akhir kehidupan kita masing-masing.

Lantas pertanyaannya adalah sudahkah kita mempersiapkan kehidupan setelah mati? Suatu kehidupan yang abadi dimana kita hanya diminta menunjukkan amal yang telah dikerjakan sementara kita sudah tidak mempunyai kesempatan untuk beramal.

Namun yang terjadi malah sebaliknya, kebanyakan kita malah melupakan kehidupan setelah mati. Kebanyakan orang malah tidak mau membicarakan tentang kematian. karena meraka menganggap kematian adalah suatu yang menyeramkan. Kematian adalah sesuatu yang membuat orang tidak produktip. Ingat mati akan membuat orang terbelenggu dan menghambat kemajuan. Sehingga hari-hari mereka disibukkan dengan kerja dan mencari hiburan saja.

Benarkah demikian? Tidak. Ternyata pendapat ini salah besar. Sebaliknya, ingat mati justru mendorong orang menjadi sukses, kaya dan jaya. Bagaimana bisa demikian? Karena sebagaimana sabda Nabi, orang yang selalu mengingat mati akan menjadi orang yang cerdas. Lo kok?

Anda tidak percaya begini penjelasannya. Orang yang selalu mengingat mati akan selalu bertanya dalam hati, “Sudah cukupkah bekal yang kupersiapkan menjalani kehidupan setelah mati?”. Waktu hanya 60 tahun(Prediksi umur manusia yang produktip) dipakai untuk mempersiapkan bekal untuk hidup yang tanpa batas. Jika tanpa kecerdasan apa mungkin kita bisa mempersiapkan bekal itu?

Coba kita bayangkan saja, anda diminta untuk bekerja apa saja selama satu tahun. Lalu hasilnya dikumpulkan untuk hidup selama 20 tahun tanpa harus bekerja. Dapatkah anda bertahan hidup? Lalu siapa yang mampu bertahan hidup. Yang dapat bertahan hidup, tentulah orang yang cerdas. Orang yang mau dan mampu menggunakan waktu, tenaga dan pikiranya dengan maksimal. Sehingga mereka akan mendapatkan gaji ratusan juta perbulan. Bukankah mereka yang bergaji puluhan atau ratusan juta itu orang yang cerdas?

Paling tidak ada 4 alasan kenapa orang yang selalu ingat mati akan menjadi orang yang sukses, kaya dan jaya. Pertama adalah ikhlas. Orang yang selalu ingat mati sadar bahwa amal baru akan diterima jika dilakukan dengan ikhlas. Sedangkan keikhlasan akan mendorong seseorang melakukan sesuatu dengan sepenuh hati walaupun apa yang mereka lakukan tidak dihargai oleh orang lain. Seorang karyawan yang bekerja didasarkan dengan keihklasan akan menjadi karyawan yang berprestasi dan disukai banyak orang. Karena mereka bekerja dengan penuh kesungguhan dan bertanggung jawab baik dalam lingkungan yang mendukukung maupun tidak. Mereka tidak peduli dan tidak ambil pusing meskipun diperlakukan secara tidak adil. Mereka tidak pernah mengeluh kepada manusia. Mereka hanya mengeluh kepada Allah. Mereka bekerja diniatkan hanya karena Allah.


Pedagang / bisnismen yang ikhlas akan menjadi seorang pedagang yang memandang masa depan dengan penuh semanagat dan bergaerah. Mereka tidak hanya memikirkan untung atau rugi, namun mereka hanya memikirkan keridloan Allah semata. Karena itu mereka tidak mau melanggar aturan agama. Mungkin kelihatannya jalan usahanya perlahan, namun walaupun pelan tetapi pasti akan menuai kesuksesan yang luar biasa.

Orang yang ikhlas akan selalu hidup penuh dengan semangat, bahagia dan tidak mengenal rasa putus asa.

Lalu bagaimana caranya agar bisa menjadi orang yang iklhlas? Keikhlasan dapat diperoleh jika meyakini dengan seyaqin-yaqinnya bahwa ada kehidupan setelah mati. Kita percaya bahwa kebahagian hidup diakhirat hanya dapat diperoleh percaya tiada tuhan selain Allah. Kemudian diikuti pemahaman setiap perbuatan atau tindakan yang baik akan menjadi amal ibadah jika diniatkan semata-mata mencari ridlo Allah SWT

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan Anda,dan mohon kritik dan sarannya untuk saya,agar saya dapat menampilkan blog ini lebih berisi dan sempurna.